Advertise Box

[ KHI ] Kawan bintang menyerodok (menyondol) Saturn dalam bulan Juni.

 

Tepat sesudah gelap minggu ini, arahkan tatapan anda pertengahan jalan pada langit atas sebelah selatan. Di sana anda akan ketemukan Spica, bintang putih cerah kebiru-biruan di kumpulan perbintangan Virgo, di atas dan ke kanannya terletak Saturn. Anda akan memperhatikan bahwa Saturn tidak terlihat sendirian, tetapi rupanya mempunyai kawan yang lebih pudar tepat di atasnya. Ini adalah bintang Porrima, yang dikenal sebagai Gamma Virginis, juga dalam Virgo. Bila anda mengamati Saturn berulang-ulang selama bulan yang lalu, mungkin anda tidak dapat memperhatikannya sebab Saturn adalah sebuah planit dan kelihatan melintas melalui bintang-bintang sewaktu melingkari matahari. Hal demikian sama pula dengan semua planit.
 
Minggu lalu, Saturn dan Porrima tidak kelihatan sedekat ini; minggu yang akan datang, merela juga tidak akan kelihatan juga. Minggu ini, mereka menyerodok (menyondol) pada hari Khamis, dengan seperempat bulan yang pertama tidak begitu jauh di barat. Pada malam itu, Saturn dan Porrina akan terpisah seperempat derajat letaknya, dan jika anda membidikkan sebuah teleskop kecil di arah mereka. anda akan melihat Saturn dan  Porrina bersama-sama. Jangan keheranan bila pasangan ini kelihatan terbalik di teleskop. Sementara Saturn dan Porrina sekarang kelihatan di samping satu sama lain di langit, ini adalah kekeliruan mata (optical illusion) yang disebabkan oleh Saturn dan Porrina letaknya hampir satu garis penglihatan dari Bumi.
 
Saturn dan Porrina sebenarnya terpisah jauh. Pada hari Khamis malam, Saturn letaknya akan  kira-kira 855,480,000 mil dari Bumi, tetapi Porrina, adalah sebuah bintang yang tidak serupa (tidak sama) dengan matahari, letaknya akan lebih dari seperempat  juta lebih jauh - kira-kira 234 trilyun mil, atau 39 tahun cahaya jauhnya.
 
(selesai).
 
Terjemahan bebas dari Newsday,
Sabtu, 4 Juni 2011, dan diberi
beberapa anotasi seperlunya.
 
Semoga berkenan. Tidak capek.
 
Salam Lestari!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by