Advertise Box

[ KHI ] Histori yang diperluas .......... (3). Selesai.

 

Sosiologi.
Desakan yang sama pada pengumpulan fakta-fakta yang sederhana dan lepas (disconnected) dan pada metoda perbandingan bersama-sama dengan penolakan interpretasi historis dan ekonomis, mengalami kegagalan sejak lahirnya sosiologi pada pabad kesembilanbelas. Persoalan ini dianggap sayang sekali oleh para pendirinya, Richard Comte dan Herbert Spencer. Comte (1798-1857), adalah seorang pertapa (recluse) yang pada awal hidupnya mempunyai suatu keyakinan menyala-nyala bahwa ia memegang kunci untuk mengatur masyarakat yang bagus sekali.
 
Ini adalah penerapan dari apa yang ia namakan metoda positif ilmu pengetahuan, suatu metoda yang dipersiapkan untuk menggantikan metoda-metoda religi dan filsafat, dan yang ia jelaskan (uraikan) dalam serangkaian buku-buku panjang. Dalam pengertian bahwa penjelasan itu memutuskan hubungan dengan penjelasan tradisional atau religius, ini merupakan suatu kemajuan bagi zaman, tetapi Comte adalah sempit dan dogmatis (fanatik) dan pada dasarnya (pada pokoknya) reaksioner (pembangkang).
 
Memang ia mempunyai sedikit untuk menambah pada ilmu pengetahuan kemasyarakatan tetapi penerapan yang salah dari ide-ide ilmu eksakta. Ia percaya bahwa orang-orang yang superior harus memimpin rakyat, dan ia mempunyai perasaan tidak suka (benci) yang berhubungan dengan gerakan umum. Meskipun ia memperoleh murid-murid, beberapa yang cerdas seperti Harriet Martineau, George Eliot, dan John Stuart Mill, dan bahkan suatu religi - pekerjaannya menimbulkan nilai  sedikit kekal.
 
Yakin bahwa ia sedikit mampu, ia mencurahkan dirinya sendiri untuk membebankan diri membuat peta perkembangan masyarakat manusia.Ia sudah mengembangkan, beberapa tahun sebelum Darwin, ide evolusi universal (sedunia). Berbeda dengan Darwin,ide itu didasarkan pada hukum hipotetis.Spencer merumuskan kembali sosiologi dari Comte sepanjang garis-garis biologis. Adalah pekerjaannya, yang pada zamannya mendapat reputasi (nama) besar sekali di Inggeris dan lebih-lebih pula di AS, yang berbuat paling banyak untuk memperkembangkan ide sosiologi sebagai suatu cabang biologi. 
 
(selesai)
 
Sumber: Science in History.J.D. Bennal,
4. The Social Sciences: Conclusion.M.I.T.
Press, Cambridge, MA. 1954.
Diterjemahkan secara bebas, dipersingkat
dan diberi beberapa anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by