Advertise Box

[ KHI ] Fosil Memperpanjang Jangka Hidup Predator Marine.

 

Spesis binatang terbesar perioda Cambria, suatu predator marine dengan bagian badan  dan sepasang anggota badan yang menggenggam, hidup lebih lama daripada yang dikira sebelumnya dan tumbuh ke ukuran-ukuran lebih besar daripada yang diketahui sebelumnya. Binatang-binatang, yang dikenal sebagai sebagai anomalocaridis, dikira sebelumnya telah punah setelah perioda Cambria, 540 juta sampai 500 juta tahun berselang. Kini suatu contoh yang baru ditemukan menunjukkan bagaimana mereka hidup 30 juta tahun lebih lama, ke dalam permulaan perioda Ordovicia. Contoh-contoh baru panjangnya berukuran lebih dari tiga kaki, contoh terbesar yang sebelumnya diketahui dua kaki panjangnya,
 
Derek Briggs, seorang ahli paleontologi di Universitas Yale, dan Peter Van Roy, seorang ahli paleontologi pada Universitas Ghent di Belgia, menemukannya di Maroko tenggara dan menggambarkan temuan-temuan mereka dalam jurnal Alam. Pasangan ini juga menemukan lebih dari 1,500 fosil binatang-binatang marine berbadan lunak, termasuk sepon-sepon (bunga-bunga karang), kepiting-kepiting (ketam-ketam, yuyu-yuyu) ladam, sepatu kuda (horseshoe crabs) dan cacing-cacing yang hidup dalam tabung-tabung (tube-dwelling worms), pada situs. Umumnya binatang-binatang yang berbadan-lunak tidak tahan lama hidup mereka, menyebabkan fosil-fosil yang utuh suatu temuan yang langka.
 
Temuan di Maroko adalah unik sebab fosil-fosil dijebak dalam awan-awan endapan (keladak) yang melestarikan badan-badan sangat baik, kata Dr. Briggs. Waktu anomalocaridid-anomalocaridid pertama kali digambarkan, dalam akhir tahun 1800an, anggota-anggota badan mereka yang bersisik-sisik, yang ditemukan terpencil (terisolasi), dikira kaki-kaki spesis udang. Kepala binatang yang seperti cakram (piringan) juga ditemukan terpencil, dan beberapa orang menduga barangkali suatu ubur-ubur (jellyfish). Seabad kemudian, dalam tahun 1985, Dr. Briggs menerbitkan makalah yang dengan tepat menggambarkan seluruh binatang untuk pertama kali.
 
(selesai).
 
Terjemahan bebas dari media setempat,
Selasa, 31 Maret 2011, dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Semoga bermanfaat.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by