Advertise Box

[ KHI ] Definisi Sejarah. (1).

 

Sejarah adalah lebih mudah untuk ditulis daripada diberi definisi sebab semua definisi memihak. Definisi kita mengenai sejarah sebagai pemikiran kritis tentang masa lampau tidak merupakan suatu perkecualian. Definisi ini tetap netral di antara beberapa perdebatan yang terus memecah-belah profesi: tidak memberikan apa-apa pada cara pemecahan (cara penyelesaian) masalah pengetahuan sejarah. Kenetralan ini mempunyai kebaikannya; kenetralan ini menyatakan secara tidak langsung bahwa para sejarawan yang memihak masalah-masalah ini masih dapat menulis sejarah yang baik
 
Tetapi definisi kita di pihak lain adalah kontroversial; definisi kita adalah lebih banyak daripada definisi para penulis sejarah dan kurang banyak pandangan yang termasuk semua pernyataan tentang masa lalu dalam kategori (golongan) sejarah, Definisi ini mendapat tempat bagi akademikus (sarjana) yang menutup diri dan sastrawan yang keduniawian, negarawan-sejarawan dan penyusun-penyusun risalah yang sabar dan pengumpul-pengumpul yang berambisi. Tetapi meniadakan penulis-penulis kronik Timur Dekat purbakala yang ditunggangi mitos. Sejarah, kita tegaskan dengan definisi kita, menurut sang pengarang, dimulai dengan bangsa Yunani.
 
Kontroversi dimulai pada titik ini. Bagaimana dengan kemenangan-kemenangan Firaun yang bangsa Mesir yang berterimakasih atau patuh, pahat  pada batu? Apakah tuntutan ini untuk keunggulan bangsa Yunani yang bukan suatu mitos, yang dibebankan oleh ahli-ahli klasik (sarjana-sarjana yang mempelajari sastra dan seni Yunani-Romawi purbakala) yang tinggi hati (suka meninggikan diri sendiri) dan diikuti oleh murid-murid yang patuh selama bergenerasi-generasi? Keberatan-keberatan ini samasekali tidak keruan  dan layak dihadapi secara serius.
 
Dalam memecah-belah cara berpikir menjadi kritis dan menjadi dongengan, kami memberikan dua macam pikiran  yang jarang ditemukan dalam segala kemurniannya. Peradaban-peradaban berkuasa oleh mitos yang sering mengembangkan cara berpikir yang sangat canggih, sebaliknya peradaban-peradaban yang melakukan kecaman sering menyembunyikan unsur-unsur mitos. Dalam beberapa tahun belakangan ini, waktu pengertian kita tentang Timur Dekat tumbuh, para sejarawan peradaban-peradaban ini telah membantah dengan kuat pernyataan-pernyataan tanpa bukti yang sudah berjalan lama bahwa Babilonia dan Mesir adalah, pada umumnya, terperosok dalam takhayul dengan tidak ada harapan.
 
Merela berhak untuk memprotes: sekarang kelihatannya jelas, misalnya, bahwa bangsa Babilonia dapat membuat kalkulasi-kalkulasi (perhitungan-perhitungan) matematika yang rumit dan observasi-obvervasi (pengamatan-pengamatan) astronomi yang agak maju, Tetapi sangat tidak diperbolehkan untuk melompat dari penonjolan bahwa peradaban-peradaban ini adalah beradab, melompat bahwa mereka oleh karena itu mengharapkan bangsa Yunan beradab dalam segala hal, termasuk konsepsi dan menulis sejarah yang benar.
 
 
 
(bersambung).

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by