Advertise Box

[ KHI ] Imperium Sepanyol

 

Imperium Sepanyol pada puncaknya adalah benar-benar suatu kegiatan melalui usaha, suatu federasi yang terbentang sepanjang sebagian besar benua Eropa, sebagian besar benua Amrik, bagian-bagian benua Afrika dan beberapa pos terdepan komersial di benua Asia. lamanya Imperium Sepanyol dua kali lebih lama dari Imperium Britania, mungkin pengaruhnya pun lebih banyak daripada Imperium Britania pada akhirnya. Sepanyol dengan secara efektif memulai perdagangan trans-Atlantik, menciptakan mata uang yang berlaku di seluruh dunia ("lempengen delapan") . Demikian a.l. menurut Hugh Thomas dalam buku The Golden Empire.
 
The Golden Empire adalah sejarah dari jenis yang ditolak sebagai ketinggalan zaman (old fashioned) oleh para kritikus, sebuah cerita di mana gayanya adalah perangai dan perbuatan manusia , daripada kekuatan-kekuatan ekonomi, budaya dan lingkungan impersonal (tidak mengenai orang tertentu). Buku ini adalah sejarah para penakluk, daripada ditaklukkan; sebagian besar pelakunya adalah bule, orang Eropa dan laki-laki. Ceritanya segera dibuka setelah keberhasilan Cortes, waktu sejumlah besar para conquistador (para penakluk) berusaha meniru prestasi Cortes, berangkat ke beberapa arah untuk menemukan kerajaan-kerajaan pribumi yang hilang.
 
Bagi seorang sejarawan, cerita ini adalah mengenai pesta dan kelaparan: setiap cerita kendatipun sangat menarik hati, tetapi terlalu banyak, dan semua pelaku seperti berhubungan keluarga satu sama lain. Empat Alvarado bersaudara mengamuk di seluruh Guatemala, Nufez de Balboa, Pedrarias Davila dan lain-lainnya berperang di seluruh Panama; dan enam ekspedisi mendapat kesulitan dan emas di Kolombia. Para pembaca mungkin tertarik dalam kisah Lucas Vazquez de Aylon, yang pada tahun 1526 merupakan orang Eropa pertama  pendiri  sebuah koloni di Amut.
 
(bersambung)
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by