Advertise Box

[ KHI ] Ikan Purbakala "Cavefish" Memelihara Waktu Tanpa Matahari.

 

"Cavefish" adalah ikan purbakala, tanpa sisik, hidup dalam kegelapan sama sekali, dan kekurangan zat warna apapun. Kini para peneliti telah menemukan bahwa mereka mempunyai ciri lain yang luarbiasa: irama sirkadia, atau jam tubuh, 47 jam, kira-kira dua kali panjang sebagian besar binatang, termasuk manusia. Biasanya, faktor penting yang membantu jam sirkadia yang penting adalah cahaya matahari. Tetapi para peneliti, yang melaporkan temuan mereka dalam jurnal PLos Biology, menulis bahwa jam ikan "cavefish" sama sekali buta terhadap cahaya.
 
"Mereka telah hidup terisolasi sama sekali selama jutaan tahun dari siklus siang-malam, " ujar kepala peneliti, Nicholas Foulkes, seorang ahli kronobiologi pada Institut Teknologi Karlsruhe di Jerman. Para peneliti mengumpulkan ikan "cavefish" yang hidup di bawah padang pasir Somalia. Mereka menyingkapkan ikan tsb. pada siklus siang-malam bersama-sama dengan ikan zebra. Hanya ikan zebra yang memberikan reaksi. Gene-gene fotoreceptor dalam ikan "cavefish" tidak memberikan reaksi pada cahaya matahari sama sekali. Dengan kata lain, Dr. Foulkes mengatakan, "jam-jam mereka adalah buta."
 
Meskipun begitu, jam-jam masih berfungsi. Para peneliti mampu untuk mengatur jam-jam sirkadia ikan "cavefish" dengan menciptakan jadwal pemberian makanan yang tetap. "Mereka mempunyai jam-jam," Dr. Foulkes mengatakan, "Cuma mereka tidak mempunyai pengertian mengenai cahaya." Ia menambahkan bahwa penelitian itu memberikan informasi baru mengenai evolusi jam-jam sirkadia dan pengaruh-pengaruh dari kegelapan yang terus-menerus. "Kami benar-benar memandang pada evolusi ini pada tingkat gene," kata dia.
 
Sumber: Observatori, harian
setempat, Selasa, 13 Sept.
2011, diterjemahkan secara
bebas dan diberi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by