Advertise Box

Bls: [ KHI ] Re: Menarik Kalimat

Saya sendiri kalau tidak sadah pernah mendengar kata-kata Bung Karno itu dalam salah satu pidatonya pada tahun 60-an. Ini untuk menggambarkan kemampuan kita Bangsa Indonesia yang bukan sekedar main-main terutama dalam rangka menyiasati perlawanan terhadap kolonialisme. Obsesi Bung karno soal kejahatan politik kolonial itu sudah dipupuknya sejak lama sekali, mungkin sezaman dengan seriusnya mempelajari nasionalisme itu sendiri. Lucunya dalam pidato itu, Bung Karno juga menjelaskan bahwa bukan maksudnya mau mmelecehkan tempe atau produsen pembuat tempe. Tapi sekedar menyibolisirnya sebagai makanan murahan yang harganya tidak seberapa.

Dari: Kartono Mohamad <kmjp47@indosat.net.id>
Kepada: adamaw234@yahoo.com; boni_triyana@yahoo.com; dannyradja@yahoo.co.id; donny_budiman@yahoo.com; dpp2412@gmail.com; drtaufikabdullah@yahoo.co.id; endjohani@yahoo.com; eq.hesselink@hetnet.nl; flubis@rad.net.id; gpandu_stw@yahoo.com; h.pols@usyd.edu.au; hidayatbambang@yahoo.com; hoeseinr@yahoo.com; ips@cbn.net.id; kang_asepk@yahoo.com; komunitashistoria@yahoogroups.com; masliliek@yahoo.com; minarma2001@yahoo.com; monalohanda@msn.com; mosadik48@yahoo.fr; smarzuki@eijkman.go.id; vivekneelakantanster@gmail.com
Dikirim: Minggu, 4 September 2011 6:18
Judul: [ KHI ] Re: Menarik Kalimat
 
Click Me!
 
Pertanyaan Vivek ini bukan ditariknya kalimat/ucapan Bung Karno tepi apakah benar Bung Karno mengucapkan hal itu. Kalau benar maka ucapan itu menarik. Bung Karno memang beberapa kali terdengar mengucapkan "kita bukan bangsa tempe" yang banyak mengundang kritik karena tempe adalah makanan bergizi/bermutu dan bermanfaat. Tapi mungkin sebenarnya yang dimaksud Bung Karno adalah "kita bukan bangsa lembek", karena konsistensi tempe memang lembek. Atau bukan bangsa "murahan" karena harga tempe memang murah.
KM
 
 
 
-------Original Message-------
 
 
Semua, dengan hormat
 
Kalimat Presiden Soekarno di bawah ini menarik sekali:
 
' Kita adalah bangsa besar, bukan bangsa tempe.'
 
Apakah kalimat ini terkait tentang foreign aid? Terima kasi atas bantuan.
 
Vivek
 

+ Add Your Comment

Sponsored by