Advertise Box

[ KHI ] Bagaimanakah para ilmuwan dapat membubuhi tanggal pada alat-alat purbakala?

 

Bagaimanakah para ilmuwan dapat membubuhi tanggal pada alat-alat purbakala secara akurat kapan alat-alat batu itu dibuat, seperti yang ditemukan di Telaga Turkana. Kenya?
 
Suatu artifak seperti alat yang dibuat dari batu api biasanya tidak dibubuhi tanggal secara langsung tetapi malah sebaliknya menurut umur lapisan-lapisan endapan (keladak)  yang ditemukan," kata Dennis V. Kent, seorang ilmuwan peneliti pada Observatorium Bumi Lamont-Doherty dari Universitas Columbia, New York. Membubuhi tanggal radiokarbon sangat luas dipakai untuk membubuhi tanggal bahan-bahan seperti arang dari perapian-perapian (tungku-tungku) dan karbonat-karbonat dalam selongsong-selongsong kecil, ucap Dr. Kent, tetapi terbatas pada kira-kira 50,000 tahun terakhir sebab setengah-hidup singkat karbon 14. Untuk endapan-endapan yang lebih tua, teknik-teknik termasuk tephrochronology (meliputi potasium) dan magnetostratigraphy (meliputi besi).
 
Dalam tephrochonology, lapisan-lapisan abu gunung berapi, tephra, sering berisi mineral-mineral mengandung potasium yang abad kristalisasinya (penghablurannya) dapat ditentukan, bahkan milyaran tahun sebelumnya. Tetapi jarangnya kejadian erupsi-erupsi gunung berapi mungkin menyukarkan untuk membubuhi tanggal endapan-endapan yang menyelangi. Endapan-endapan ini, bagaimanapun, tidak mungkin berisi mineral-mineral yang mengandung besi seperti magnet, yang bertindak seperti kompas-kompas. Orientasi magnetisnya dilestarikan waktu dimasukkan peti, dan ada serangkaian pembalikan polaritas-polaritas (muatan kutub)  magnetis bumi yang dibubuhi tanggal dengan baik.
 
Endapan-endapan di sekitar alat-alat yang ditemukan di Telaga Turkana, Kenya, segera disimpan sesudah pembalikan yang terjadi 1.778 juta tahun berselang, Dr. Kent mengatakan, jadi membantu menentukan abad alat-alat  yang diperkirakan: 3.76 juta tahun.
 
Sumber: C. Claiborne Ray,
harian setempat, Selasa,
13 September 2011, diter-
jemahkan secara bebas,
dan dibubuhi beberapa
anotasi seperlunya.
 
Salam Historia!
Sumar.
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by