Advertise Box

[ KHI ] Sejarah Moderen Negeri Yang Kesusahan. (1).

 

Dalam kata pengantar buku "Kutukan Kamboja: Sejarah Moderen Negeri Yang Kesusahan," pengarang teringat pertemuan pertama dengan Kamboja. Ia  mengirim reportase untuk koran daerah, dari tempat pengungsian dekat perbatasan Muangthai dalam tahun 1979, akibat pemerintahan Pol Pol."Waktu mereka menceritakan bertahun-tahun kengerian dan kesengsaraan ," ia menulis, "wajah-wajah mereka tanpa ekspresi dan tidak menarik ..... waktu mereka bicara tentang pekerjaan sehari-hari yang menjemukan. Cerita mereka diakhiri dengan pengakuan tentang kematian negeri dan budaya mereka."
 
Pengarang yang kemudian bekerja untuk suatu koran besar, mendapatkan sedikit yang berubah selama 32 tahun sejak itu. Seperti dikesankan oleh judulnya, bukunya merupakan suatu permohonan yang tak segan-segan untuk memusatkan kembali bantuan dan diplomasi internasional pada bangsa yang menderita. Buku ini juga suatu usaha untuk menahan siapa yang bertanggungjawab tentang penderitaan itu - tetapi tidak semua.Kamboja telah kehilangan seperempat dari jumlah penduduknya di bawah Khmer Rouge.
 
Bagi banyak orang, kelangsungan hidup berarti 14 jam satu hari pekerjaan sangat melelahkan, acapkali tidak lebih dari semangkuk nasi atau bubur sedikit. Orang bisa dibunuh oleh sedikit kecurigaan bersimpati dengan bangsa Vietnam. Akibat-akibt perioda ini telah terbukti sukar untuk dilupakan.
 
(bersambung).
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
KOMUNITAS HISTORIA INDONESIA (KHI)
>>> Another way to love Indonesia!
Phone: +6221.3700.2345, Mobile: +62818-0807-3636
Email/FB: komunitashistoria@yahoo.com
Twitter: @IndoHistoria
Mailing list: http://groups.yahoo.com/group/komunitashistoria
Homepage: http://www.komunitashistoria.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

+ Add Your Comment

Sponsored by